Selasa, 13 Maret 2018

Resep No Transfat Tempe Curry

Resep No Transfat Tempe - Tahu gak kalau kentang itu mengandung starch (pati) yang dapat membantu mengentalkan konsistensi masakan? Aku pribadi sebagai orang yg memperhatikan kawanan kalori+lemak jahat cukup terbantu karena sekarang bisa kubuang jauh-jauh si penerror kolestrol utama (baca: santan). Menurut akun MyFitnessPal-ku, menu ini menyumbang 26gr Protein, 16gr lemak dan only 384 Calories with High in Vitamin A, Dibanding kari-kari konvensional lain yang banyak lemak jahat dan tinggi kalori menu ini worth try kan? Resep No Transfat Tempe



anggunsutjipto



Bahan-bahan 1 porsi
  1. 200 gr Tempe, hancurkan lalu sangrai hingga kecoklatan
  2. 75 gr Kentang dipotong asal
  3. 200 gr Wortel dipotong asal
  4. 2 bh Tomat ukuran 75gr/ 3 sdm saos tomat
  5. 1 sdm Kunyit bubuk
  6. 1 sdm Oregano & Jintan
  7. 1 sdm Garam, Kaldu bubuk dan Merica bubuk
  8. 1/4 sdt Kayu Manis Bubuk (Opsional)
  9. 3 Siung Bawang Putih
  10. 1/2 Buah Bawang Bombay
  11. 1 sdm Minyak untuk Menumis
  12. 1 sdm Larutan Sagu
  13. secukupnya Air




Langkah 30 menit
  1. Untuk opsi tempe bisa kalian potong dadu lalu goreng setengah matang, tapi karena aku menghindari masakan yang digoreng jadi cukup aku sangrai aja di teflon tanpa minyak sampai garing. Sisihkan.
  2. Rebus Kentang, wortel dan tomat kemudian dibuat puree dengan cara di blender/pakai handblender.
  3. Siapkan Wajan anti lengket tuang 1 sdm minyak lalu tumis bawang putih dan bombaynya sampai layu.
  4. Tambahkan Merica, Jintan, Oregano dan Kayu Manis lalu tumis hingga semua orang dirumah bersin-bersin. Untuk kayu manis ini tergantung selera ya, ga wajib kok!
  5. Tambahkan puree kentang yang sudah dibuat, lalu masak hingga berbuih, kalau konsistensinya agak kental bisa ditambahkan air sedikit-sedikit.
  6. Masukkan kunyit bubuk, penyedap dan garam sesuai selera lalu aduk-aduk lagi hingga cairan meletup-letup.
  7. Terakhir masukan larutan sagu, sedikit-sedikit juga ya, punyaku agak fail karena kebanyakan larutan sagu, hehehe. Ohiya, larutan sagu ini opsional sih, kalo kalian rasa dari puree kentangnya tadi sudah cukup kental kamu bisa skip step ini.
  8. Matikan api lalu tuang ke atas tempe yang telah disangrai, aduk-aduk lalu sajikan dengan apapun yang kalian suka. Kali ini aku tambahin Skillet Tomato yang aku awur-awurin oregano, simply karena kebanyakan tomat aja takutnya busuk hehehe. Selamat Mencoba ya sista^^
Tambah langkah


Sekian Tentang Resep No Transfat Tempe Curry jangan lewatkan Resep Cara Membuat Tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar