Minggu, 17 Juli 2016

Resep Telor Kentang Tahu Kecap

Resep Telor Kentang Tahu -
  • 23 Suka
  • 1 Recook
  • Tadinya mau bikin semur, tapi ternyata stok kemiri kurang untuk buat semur. jadilah bikin kentang+telor+tahu plus kecap inggris



    martha



    Bahan-bahan
      Resep Telor Kentang Tahu
    1. 4 butir telur rebus
    2. 2 buah kentang
    3. 1 kotak besar tahu putih
    4. 10 siung bawang merah
    5. 6 siung bawang putih
    6. 1,5 sdm kecap inggris (bisa lebih/kurang, tergantung jumlah air)
    7. kecap manis secukupnya (saya kira-kira gak pake takaran)
    8. sedikit kecap asin
    9. gula
    10. garam
    11. merica
    12. air (sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kuah)
    13. bawang goreng
    14. minyak untuk menumis




    Langkah
    1. Kupas kentang dan potong kotak-kotak. Potong kotak-kotak tahu. Kupas telur. Haluskan setengah jumlah bawang merah dan bawang putih. Iris tipis-tipis sisa bawang merah dan cincang kasar sisa bawang putih.
    2. Tumis bawang merah dan putih halus sebentar, lalu masukkan irisan bawang merah dan putih. tumis hingga layu, tambahkan air dan masukkan kentang.
    3. Setelah kentang setengah matang, masukkan tahu dan telur. Beri kecap inggris, kecap asin, garam, gula, merica. tes rasa. aduk hingga tercampur semua dengan kuah dan bumbu. Tutup dan tunggu hingga air menyusut hingga setengahnya. (kuah tidak kental seperti semur, karena bawang tidak saya haluskan semua, dan saya tidak pakai kemiri)
    4. Cek kentang apakah sudah empuk, cek lagi rasa. jika sudah matang, matikan kompor. sajikan dan taburi dengan bawang goreng.
    5. Note: merebus kentang cukup lama sehingga akan memakan waktu dan gas tentunya, jadi saya biasa memasukkan kentang bersamaan dengan telur(cuci bersih) yang akan direbus. angkat kentang sekitar 5-7 menit, biarkan telur masih terus direbus. kentang sudah setengah empuk. Jadi kentang dapat dimasukkan bersamaan dengan tahu dan telur kedalam tumisan bumbu dan air. Selain ngirit gas, juga ngirit waktu :)
    Tambah langkah


    Itulah Resep Telor Kentang Tahu Kecap jangan sampai kelewatan Resep Kari Ayam Tahu

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar