Minggu, 24 Januari 2016

Resep Opor Ayam Koneng Ala Dapur Mommi

Resep Opor Ayam Koneng -



Mommi Raf



Bahan-bahan 6 porsi
  1. 1 Ekor Ayam Kampung
  2. 4 Siung Bawang Putih
  3. Resep Opor Ayam Koneng 4 Batang Kamijara
  4. 5 Biji Kemiri
  5. 1 Ruas Jahe
  6. 1 Ruas Kunyit
  7. 1 Ruas Lengkuas
  8. 2 Sdm Ketumbar
  9. 10 Lembar Daun Salam
  10. 1 Butir Kelapa Parut
  11. Secukupnya Garam
  12. Secukupnya Gula Merah




Langkah 60 menit
  1. Potong-potong ayam kampung menjadi beberapa bagian (tergantung selera, suka potongan kecil atau besar) 😉 Cuci bersih dari darah dan bulu-bulu yang masih menempel.
  2. Peras kelapa parut yang telah diberi air hingga air perasan kelapa mulai bening. Air hasil perasan kelapa (santan) sebaiknya langsung di panci, sehingga bisa langsung dimasak tidak menggunakan banyak perabot. Setelah santan selesai, masukan daun salam ke dalam santan.
  3. Kupas dan cuci bersih bawang putih, jahe dan kunyit. Cuci bersih kemiri. Haluskan bawang putih, kemiri, garam, jahe, kunyit, dan ketumbar.
  4. Masukkan ayam yang telah bersih, gula merah, lengkuas, kamijara dan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam panci yang berisi santan dan daun salam. Nyalakan kompor dengan api sedang. Aduk-aduk hingga bumbu merata.
  5. Biarkan hingga ayam matang. Setelah dirasa matang, lakukan testing rasa. Jika ada rasa yang kurang, seperti kurang asin, tambahkan garam setelah api dimatikan.
  6. Bila dirasa sudah pas rasanya. Opor Ayam Koneng siap dihidangkan. Jangan lupa untuk ditaburi bawang goreng dan disajikan dengan sambal merah biar makin endessss 😆👌
Tambah langkah


Demikian Resep Opor Ayam Koneng Ala Dapur Mommi berikutnya ada Resep Cara Membuat Opor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar