Rabu, 24 Agustus 2016

Resep Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Resep Opor Ayam Tahu -
  • 37 Suka
  • 6 Recook
  • Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya Resep Opor Ayam Tahu enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..



    Mommy Indah



    Bahan-bahan
    1. 500 gr Ayam (saya pakai ayam kampung)
    2. 4 butir Telur rebus
    3. 4 buah Tahu putih kecil, goreng hingga berkulit
    4. 3 lembar Daun Salam
    5. 3 lembar Daun Jeruk
    6. 3 cm Lengkuas, memarkan
    7. 2 batang Sereh, memarkan
    8. 1 sachet Santan Kara (saya tambah santan dari kelapa parut)
    9. secukupnya Gula, Garam, Lada/Merica bubuk
    10. Bumbu Halus : (saya blender biar cepet, hehe)
    11. 8 butir Bawang Merah
    12. 5 butir Bawang Putih
    13. 5 butir Kemiri
    14. 2 cm Kunyit
    15. 1 cm Jahe
    16. 1 sdt Ketumbar
    17. 1/2 sdt Jinten
    18. Pelengkap : bawang merah goreng, lontong/ketupat, sambal terasi




    Langkah
    1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan sereh hingga harum.
    2. Masukkan ayam, aduk-aduk sebentar. Tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam. Airnya kira-kira sendiri ya. Kalau mau kuah kental, airnya dikit aja. Kl mau agak encer & kuahnya banyak ya dibanyakin aja airnya. Hehe, sesuai selera aja..
    3. Masukkan telur rebus, gula, garam, lada/merica bubuk. Aduk sebentar, lalu biarkan hingga mendidih.
    4. Setelah ayam empuk & bumbu meresap, masukkan santan. Masak hingga kuah santan sedikit mengental.
    5. Test rasa. Jika dirasa sudah pas, masukkan tahu & masak lagi sebentar aja. Angkat.
    6. Sajikan dengan taburan bawang goreng, lontong/ketupat, dan sambal terasi.. Hmm, yummy bangetttt..
    7. Begitu matang langsung ambil piring & nasi. Makan sepiring gak puas, pinginnya nambah terussss.. xixixixi
    Tambah langkah


    Sekian Resep Opor Ayam Tahu Telur Istimewa jangan abaikan juga Resep Sayur Lodeh Terong

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar